Skip to main content

Manfaat Buah Belimbing Wuluh Manis Untuk Sakit Kepala

Table Of Content [Close]
    gambar dan manfaat buah belimbing wuluh
    star fruit masih bergelantung di pohon


    Buah belimbing manis atau lebih dikenal dalam bahasa latin dengan nama Averhoa tentu bukanlah buah yang asing bagi kita, di pedesaan pohon belimbing biasa ditanam pada halaman rumah, ternyata buah manis ini memiliki manfaat untuk kecantikan dan kesehatan.

    Bentuknya bulat panjang dengan rusuk tajam berjumlah lima dengan rasa manis menyegarkan sama halnya dengan buah anggur dan jeruk sungguh menggugah selera. 


    Deskripsi Pohon dan Buah

    Dunia international lebih mengenalnya dengan julukan star fruit karena penampakan belimbing jika dipotong secara horisontal akan tampak seperti bentuk bintang, buah manis ini berasal dari India atau Srilangka, tak hanya dibudidayakan  di wilayah Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand dan Filipina namun juga dikenal de negara negara beiklim sub tropis antara lain Amerikan dan Australia.


    Hal ini disebabkan pohon belimbing mudah tumbuh dengan baik di tempat pada ketinggian 0-500 m di atas permukaan laut dengan curah hujan tinggi dan mendapat cukup banyak matahari. Di Indonesia sendiri belimbing banyak ditemukan di daerah Demak, Jawa Tengah.


    Manfaat dan Kegunaan Belimbing Wuluh

    Belimbing manis dapat berbunga sepanjang tahun serta dipanen tiga kali dalam setahun ini juga memiliki saudara yaitu buah belimbing wuluh atau belimbing sayur (Averrhoa bilimbi) rasanya lebih masak dan banyak digunakan sebagai bumbu masakan , terutama untuk memberi rasa asam pada makanan.

    Manfaat buah manis ini berkhasiat sebagai antipiretik dan ekspektoran sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi batuk pada anak anak. Buahnya yang mengandung banayak vitamin C memiliki manfaat sebagai antiinflamasi, analgesik, dan diuretik sehingga baik untuk penyembuhan beberapa penyakit seperti


    • Sariawan
    • Sakit tenggorokan
    • Mengatasi demam
    • Kencing manis
    • Kolesterol


    kasiat buah belimbing
    warna buah yang telah matang


    Kandungan vitamin C belimbing yang tinggi sangat baik untuk dikonsumsi penderita penyakit kanker, akar pohon belimbing juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan sakit kepala dan nyeri persendian sementara daun belimbing bisa digunakan (berkhasiat) untuk mengatasi radang lambung, radang kulit bernanah dan bisul.

    Meski banyak memberi manfaat, hati hati bagi penderita penyakit ginjal karena buah ini banyak mengandung asam oxalic yang sangat berbahaya terhadap penyakit tersebut diatas. Bagi anda yang belum pernah merasakan manisnya buah belimbing bisa membelinya di pasar terdekat ataupun di supermarket buah buahan, rasakan manfaat dari belimbing star fruit ini